Pencegahan Penyakit Sirosis !!!

 
Sirosis adalah kondisi terbentuknya jaringan parut di hati akibat kerusakan hati jangka panjang (kronis). Penyakit ini berkembang secara perlahan dan mengakibatkan jaringan yang sehat digantikan oleh jaringan parut. Jaringan parut akan menghambat aliran darah yang melewati hati sehingga kinerja hati menjadi terganggu atau bahkan terhenti.
 
Gejala Sirosis
 
? Kehilangan selera makan.
? Keletihan, kekurangan energi, dan mudah mengantuk.
? Pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut atau edema.
? Penurunan atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba.
? Demam dan menggigil.
? Sesak napas.
? Kulit dan putih mata berwarna kuning atau sakit kuning (jaundice).
? Mual dan muntah.
? Muntah darah.
? Perubahan warna pada urine dan tinja (kadang disertai darah).
? Kulit mengalami gatal-gatal.
 
Pencegahan Penyakit Sirosis
 
Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko terkena sirosis.
 
? Membatasi konsumsi minuman keras. Cara terbaik untuk mencegah sirosis adalah dengan menghindari minuman keras atau setidaknya membatasi asupan alkohol ke dalam tubuh Anda. Standar batas konsumsi alkohol untuk orang dewasa per harinya adalah maksimal 2 unit atau 20 gram alkohol. Ukuran ini setara dengan 1.5 kaleng bir atau 1.5 gelas wine per hari.
 
? Melindungi diri dari hepatitis. Penyakit menular seperti hepatitis B dan C dapat menyebabkan sirosis. Oleh karena itu, hindari hepatitis agar terhindar dari sirosis. Cara mencegah hepatitis adalah dengan memakaikondom saat berhubungan seksual dan jangan berbagi jarum suntik bagi pengguna narkoba. Anda juga bisa melakukan vaksinasi untuk mencegah terjangkit hepatitis B.
 
? Menu makanan sehat. Makanan rendah lemak dalam sayuran dan buah-buahan akan membantu menurunkan lemak berlebih dalam tubuh. Lemak berlebih inilah yang bisa menyebabkan perlemakan hati dan akhirnya menjadi penyakit organ hati.
 
? Berolahraga. Berolahraga dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal untuk menghindari penumpukan lemak pada hati.
 
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Selamat Pagi 🙂 Salam Sehat 🙂 Silakan Share 🙂
 
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *