KERUSAKAN PADA GIGI

Bagaimana kerusakan gigi bisa terjadi?

Kerusakan gigi adalah proses bertahap yang jika dibiarkan tak diobati, maka akan berkembang menjadi lubang pada gigi. Bakteri bertumpuk di dalam mulut dan membentuk substansi lengket yang dinamakan plak. Setiap kali Anda mengonsumsi makanan bergula atau bertepung, plak menjadi lebih lengket dan jika dibiarkan, cepat atau lambat  akan mengeras menjadi tartar ( = karang gigi ). Bakteri pada plak, atau tartar, memproduksi asam yang akan mendemineralisasi email luar dan keras gigi Anda. Ini akan menghasilkan titik halus atau lubang pada gigi yang disebut gigi berlubang.

Jika lubang ini semakin dalam, maka dapat menembus lapisan dalam gigi yang lebih halus. Jika menembus lebih dalam lagi akan sehingga bisa menjangkau tepat ke pulpa gigi. Bentuk kerusakan gigi yang parah ini dapat terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan kehilangan gigi.

 

Agar rasa sakit gigi berlubang tidak menghampiri setiap saat, ada baiknya segera mendatangi dokter gigi untuk menutup dan mengobati gigi yang berlubang.

Biasanya, dokter akan melakukan tindakan tergantung pada seberapa parah kondisi gigi berlubang Anda, seperti:

  • Jika lubang pada gigi masih dalam taraf permulaan, alias sangat kecil, fluoride mungkin bisa dijadikan solusi untuk membantu memulihkan enamel gigi. Caranya dengan menggosokkan fluoride berjenis cair, busa, jel, atau pernis ke gigi selama beberapa menit. Tentunya kandungan fluoride dalam perawatan ini lebih banyak daripada pasta gigi biasa.
  • Dokter biasanya akan menambal gigi berlubang yang pembusukannya telah melampaui tahap awal. Caranya, gigi harus dibor untuk membuang bagian yang telah membusuk. Setelah itu, gigi akan ditambal menggunakan zat seperti perak, emas, resin komposit, atau porselen.
  • Crown. Untuk pembusukan gigi yang lebih parah atau gigi rapuh, dokter kemungkinan akan membuatkan crownuntuk menggantikan seluruh crown(mahkota) alami gigi. Crown palsu ini dapat terbuat dari emas, porselen, resin, porselin fusi logam, atau bahan lainnya.
  • Saluran akar diperlukan apabila pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi (pulpa) atau saraf yang sudah mati. Perawatan ini dilakukan dengan membuang jaringan saraf, jaringan pembuluh darah, dan setiap daerah yang busuk pada Setelah bersih, dokter gigi dapat melakukan tambalan atau memberikan crown, sehingga gigi tidak perlu dicabut.
  • Cabut gigi. Prosedur ini dilakukan jika pembusukan di gigi sudah begitu parah, hingga tidak dapat dipulihkan dan harus dibuang. Gigi yang dicabut akan meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser. Oleh karena itu, jika memungkinkan, disarankan untuk membuat bridgeatau gigi implan untuk menggantikan gigi yang dicabut.

 

Cara lain menangani gigi berlubang adalah dengan pengobatan alami dari alam

  1. Air Garam

 

Dibalik rasanya yang cukup asin, ternyata garam bisa kita gunakan sebagai obat sakit gigi alami. Garam mengandung yodium tinggi yang dapat membantu meredakan rasa ngilu atau nyeri pada gigi. Bahkan dengan penggunaan rutin, garam dapat membantu membunuh kuman/bakteri penyebab sakit gigi.

 

  1. Bawang putih

 

Bawang putih termasuk salah satu bumbu dapur yang memiliki sifat antiseptik cukup tinggi. Sifatnya inilah yang bisa membantu membunuh segala jenis kuman penyebab radang area gigi kamu. Bawang putih sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat sakit gigi tradisional. So, kamu tak perlu meragukan khasiatnya.


  1. Belimbing wuluh

 

Tahukah kamu dengan belimbing wuluh? Ini adalah salah satu jenis buah belimbing yang memiliki rasa cukup masam. Memang belimbing wuluh rasanya sangat tak enak, tetapi justru ia mengandung antibakterial yang bisa membantu mengusir bakteri penyebab sakit gigi.

 

  1. Jeruk nipis

Nipis sebetulnya masih termasuk kedalam keluarga buah jeruk. Cuman, rasanya cukup masam sehingga sangat jarang yang mengonsumsinya langsung, paling-paling jeruk ini dibuat dalam bentuk minuman jus. Jeruk nipis mengandung senyawa antibiotik alami yang dapat meredakan sakit gigi berlubang akibat bakteri.

  1. Cengkeh

Cengkeh banyak diekstrak dalam bentuk minyak. Nah minyak cengkeh inilah yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Rasa nyeri akibat sakit gigi akan berkurang, karena cengkeh memiliki senyawa anti-inflamasi tinggi yang bisa meminimalisir peradangan gigi.

 

  1. Lada/merica

 

Lada atau merica sangatlah baik untuk membantu menenangkan gigi sensitif. Ia mengandung senyawa anti peradangan yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu meredakan nyeri sakit gigi berlubang secara alami. Sebaiknya gunakan lada secara rutin setiap hari minimal satu kali agar hasilnya maksimal.

  1. Biji asam jawa

 

Biji asam Jawa sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat sakit gigi berlubang secara tradisional. Biji-bijian satu ini mampu menyerap dan membunuh bakteri pada area sekitar gigi. Bahkan ia juga berkhasiat meredakan nyeri dan ngilu berlebihan di sekitar gigi.

  1. Biji alpukat

Tak hanya biji asam jawa saja, tapi kamu juga bisa mencoba obat sakit gigi dari biji alpukat. Hampir sama dengan biji asam jawa, biji alpukat ini cukup berkhasiat untuk meredakan rasa ngilu akibat radang di sekitar gigi. Ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang tak memiliki biji asam jawa di rumah.

  1. Daun jambu biji

Sangat jarang masyarakat yang tau bahwa daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat sakit gigi tradisional. Kandungan antibakterialnya yang cukup tinggi bisa membantu membunuh kuman penyebab sakit gigi berlubang. Selain itu, daun jambu biji juga berkhasiat untuk menghilangkan baur mulut.

 

  1. Cabe rawit

 

Cabe mengandung senyawa capcaisin yang dapat membantu meredakan peradangan gigi. Meskipun rasanya lumayan pedas, tetapi cabe rawit dapat membantu mengobati sakit gigi berlubang secara alami. Usahakan jangan mengonsumsi cabe rawit berlebihan, sebab ia dapat membuat perut sakit dan diare.

  1. Serai

 

Bagi para ibu rumah tangga yang sering masak, tentu sudah tak asing lagi dengan serai. Biasanya serai digunakan ketika memasak olahan dalam bentuk sup. Daun ini mampu memberikan aroma khas pada sup dan masakan kuah lainnya. Namun selain itu, serai juga efektif untuk mengobati sakit gigi dan mencegah adanya pembengkakan gusi.

 

  1. Getah jarak

Getah jarak juga termasuk obat sakit gigi berlubang yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat tempo dulu. Getah pohon jarak mengandung antiseptik, antibakterial, dan antibiotik tinggi yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi berlubang.

 

  1. Jahe dan bunga matahari

 

Jahe dikenal sebagai rempah alami yang cukup ampuh dalam menghangatkan tubuh dan melancarkan sistem peredaran darah tubuh. Ternyata, jahe bisa kita manfaatkan juga untuk mengobati sakit gigi lho. Campuran antara jahe dan bunga matahari dapat menjadi obat sakit gigi alami yang cukup mujarab.

Semoga bermanfaat 🙂 silahkan share 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *