Jenis-Jenis Sakit Kepala !!

 
Sakit kepala terus-menerus atau kronis, juga bisa disebut sebagai sakit kepala berkepanjangan. Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala yang berlangsung minimal 15 hari dalam satu bulan, yang terjadi selama tiga bulan berturut-turut.
 
Mengenali Gejala yang Timbul
 
Beberapa jenis sakit kepala terus-menerus yang umum dikeluhkan, antara lain :
 
o Jenis sakit kepala migraine
 
Migrain merupakan akibat sakit kepala yang menyerang salah satu sisi kepala atau bahkan keduanya dengan frekuensi rasa nyeri yang berdenyut denyut dan bisa hilang dengan sendirinya ketika seseorang beristirahat, Tidur pada ruangan yang minim cahaya dan jauh dari suara suara gaduh.
 
o Jenis sakit kepala vertigo
 
 
Vertigo merupakan akibat sakit kepala yang menyebabkan seseorang menjadi merasa tubuh dan penglihatannya seperti berputar putar sehingga keseimbangan tubuhnya menjadi terganggu. Vertigo dapat muncul karena kelelahan yang luar biasa atau telah terjadi gangguan pada bagian otak akibat pertumbuhan kista atau tumor jinak.
 
o Jenis sakit kepala cluster
 
Sakit kepala jenis cluster dapat terjadi secara mendadak, Rasa nyerinya yang menusuk dan sakit luar biasa hingga bisa menjalar pada bagian wajah, Mata, Leher dan bahu. Akibat sakit kepala tersebut seseorang mengalami penurunan kesadaran dan bahkan bisa jatuh pingsan.
 
o Sindrom pascatrauma
 
Sakit kepala terus-menerus kemungkinan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama setelah trauma kepala.
 
o Sakit kepala akibat usia lanjut
 
Umumnya dialami pasien di atas usia 60 tahun, yang dipicu oleh tekanan bola mata yang meningkat atau disebut glaukoma, baru sembuh dari infeksi herpes, penyakit pembuluh darah seperti arteritis sel raksasa atau alasan psikologis.
 
o Jenis sakit kepala tegang
 
Sakit kepala yang muncul karena telah terjadi penekanan pada saraf dan otot kepala sehingga saraf saraf kepala menjadi kaku dan Mengerut yang biasanya disebabkan seseorang kurang tidur atau akibat sakit kepala yang muncul akibat akivitas tubuh yang berlebihan misalnya capek kerja atau aktivitas seksual yang terlalu lama.
 
Gejalanya: Kaku pada bagian belakang kepala dan area leher, Sakit jika kepala tersentuh oleh tangan, Rasa berat pada belakang leher, Terasa nyeri jika kepala menoleh ke kiri, Kanan atau keatas.
 
Anjuran Untuk Penderita Sakit Kepala Menerus
 
o Mengonsumsi makanan seimbang. Pastikan untuk mengonsumsi nutrisi yang bisa mencegah sakit kepala seperti magnesium (mineral yang ditemukan dalam makanan seperti ikan, biji-bijian dan alpukat), kalsium, riboflavin dan vitamin B2.
 
o Hindari lampu yang terlalu terang atau berkedip, bahkan layar televisi atau komputer bisa menyebabkan masalah. Jika sakit terus berlanjut, beristirahatlah dan hindari monitor komputer untuk sementara.
 
o Olahraga secara teratur untuk mengurangi ketegangan
dan meningkatkan aliran darah. Selain membantu jantung, otak juga melepaskan endorfin yang bisa mempengaruhi suasana hati dan mengurangi nyeri sakit kepala.
 
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Selamat Pagi 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *