Cegah Diabetes Sejak Dini !!!

 
Pada umumnya, tubuh memang membutuhkan glukosa sebagai sumber energi. Namun kelebihan kadar gula darah secara drastis juga tidak baik untuk tubuh dan dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh serta berakibat buruk pada kinerja organ-organ tubuh.
 
Jika kadar gula darah melebihi 126 ml/dl ( ketika puasa ) atau melebihi 300 ml.dl ( ketika tidak puasa ) maka orang tersebut dianggap telah menderita penyakit diabetes. Namun kebanyakan orang merasakan gejala diabetes ketika kadar gula darah melebihi 270 ml/dl.
Berikut tips-tips agar kadar gula darah tetap normal.
 
Hindari Makanan Berlemak
 
Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi dapat berakibat besar terhadap kenaikan berat badan dan juga risiko terkena penyakit diabetes. Hindari makanan sepeti junk food, jeroan dan makanan yang dapat memicu naiknya kdar gua darah. Ganti kebutuhan lemak dengan mengkonsumsi minyak ikan, minyak zaitun, minyak almond, dan berbagai sumber yang lemak yang baik bagi kesehatan tubuh.
 
Biasakan sarapan pagi
 
Sarapan pagi merupakan salah satu rutinitas yang sering dilewatkan oleh kebanyakan orang. Riset menunjukan bahwa seseorang yang selalu sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang jarang sarapan. Maka dari itu jangan lewatkan sarapan pagi untuk menjaga kadar gula darah tetap normal.
 
Cukupi Asupan Sayuran
 
Daging merah memang merupakan makanan yang sangat menggoda untuk dikonsumsi, namun perlu diketahui daging merah juga memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Untuk itu perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan batasi mengkonsumsi daging merah.
 
Berhenti Merokok
 
Sekitar 50% perokok lebih rentan terkena penyakit diabetes dibandingkan dengan seseorang yang tidak merokok. Hal itu dikarenakan aktivitas merokok sangat mungkin menjadi penyebab dari resistensi insulin dan respon yang tidak cukup terhadap sekresi insulin.
 
Berolahraga Secara Teratur
 
Berolahraga dapat berfungsi untuk kadar gula darah dalam tubuh sebagai penyebar glukosa ke bagian-bagian tubuh lainnya agar menghasilkan energi.
 
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Jum’at Berkah 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *