Beberapa ciri penyakit jantung koroner

Beberapa ciri penyakit jantung koroner


Jantung koroner merupakan jenis penyakit jantung umum yang lebih banyak diketahui orang meski sebenarnya ada jenis-jenis penyakit jantung lainnya, seperti penyakit jantung rematik, stroke sakit di dada atau angina (angin duduk mematikan), serangan jantung, maupun tekanan darah tinggi. Awal mula dari sakit jantung koroner adalah adanya penumpukan lemak yang terdapat di dinding pembuluh darah jantung. Sakit jantung koroner pun akan muncul karena adanya pembekuan darah, perkapuran, penumpukan jaringan ikat serta lainnya sehingga akhirnya pembuluh darah akan tersumbat dan menyempit.

Ketika pembuluh darah mengalami penyempitan, maka tidak salah lagi aliran darah pun menjadi kurang di daerah otot jantung sehingga akibatnya begitu banyak dan serius. Kekurangan aliran darah bisa menjadi pemicu timbulnya Infark jantung atau serangan jantung dan juga Angina Pectoris atau yang kita kenal dengan nyeri dada. Akibatnya pun bisa fatal, yaitu membawa kematian bagi penderitanya. Apakah ciri-ciri jantung koroner yang harus diwaspadai?

Cepat Lelah
Setiap orang jelas pernah mengalami rasa capek, khususnya bila melakukan terlalu banyak kegiatan dalam satu waktu. Alasan merasa lelah bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya, entah itu karena padatnya aktivitas, jarang berolahraga, atau bahkan kurang tidur atau istirahat. Salah satu ciri penyakit jantung koroner adalah penderita akan mudah merasa lelah sehingga mengharuskan penderita untuk rajin mengontrol kesehatannya.

Penting untuk diketahui bahwa para penderita jantung koroner tidak boleh melakukan kegiatan berat atau berlebihan. Sekalinya melakukan aktivitas yang berlebihan sedikit, maka akan merasa lelah yang bisa juga disertai dengan rasa sakit di bagian dada. Maka ketika Anda merasa capek dengan cepat, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi jantung Anda.

Nyeri di Dada
Seperti yang disebutkan pada ciri sebelumnya, rasa sakit yang ada di bagian dada akan dapat dirasakan oleh penderita penyakit jantung koroner apabila terlalu banyak beraktivitas. Rasa sakit yang muncul di dada memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa, tapi mereka yang rata-rata mengalami ini adalah yang mempunyai riwayat penyakit jantung. Karena penyakit jantung adalah suatu penyakit yang serius, Anda tidak boleh menyepelekannya karena penyembuhan bisa semakin sulit jika sudah pada tahap kronis.

Orang yang tidak mempunyai riwayat penyakit jantung koroner biasanya masih sangat mudah untuk menjaga kesehatan dan mencegahnya. Namun Anda yang memiliki riwayat kesehatan berhubungan dengan jantung atau pernah mengalami hal ini, agak sulit untuk merawat serta memulihkannya kembali. Jika nyeri dada disertai dengan ciri lainnya, Anda perlu mendapatkan diagnosis yang benar dari dokter dan sebelumnya penting juga untuk mengubah pola hidup agar tidak lagi kerap merasakan sakit di dada.

Dilingkupi Rasa Cemas
Setiap orang pasti pernah merasa khawatir dan diliputi rasa cemas, namun jika penyebab cemas berlebihan seperti itu muncul secara tidak jelas atau Anda tidak tahu alasan mengapa Anda khawatir atau cemas, ini bisa menjadi tanda dari penyakit jantung koroner. Saat penyakit jantung kumat, maka biasanya rasa khawatir pun akan muncul. Pada umumnya, ciri satu ini juga akan disertai dengan adanya keringat yang keluar tanpa adanya alasan yang jelas.

Bila keringat biasanya keluar saat Anda kepanasan atau setelah melakukan hal berat, pada penderita jantung koroner, keringat muncul menyertai rasa khawatir pada perasaan Anda. Bila Anda mengalami kondisi seperti ini terlalu sering, Anda perlu mencurigainya dan kemudian memeriksakan ke dokter supaya kondisi penyakit jantung koroner bisa ditangani sedari awal.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *