Apa saja makanan yang direkomendasikan untuk penderita darah tinggi ?

Darah tinggi atau dalam bahasa ilmiah disebut hipertensi merupakan salah satu penyakit yang disebabkan gaya hidup tidak sehat. Selain itu darah tinggi atau hipertensi bisa juga disebabkan karena keturunan, stress, umur atau usia, terlalu banyak konsumsi sodium, kebiasaan minum minuman beralkohol, dan juga merokok.

Tekanan darah normal berkisar di angka 120/80 mmHG. Saat angka sistolik dan diastolik berada di kisaran ini, maka Anda dapat disebut memiliki tekanan darah normal. Seseorang baru disebut memiliki darah tinggi atau mengidap hipertensi jika hasil pembacaan tekanan darah menunjukkan 140/90 mmHG. Tekanan darah yang terlalu tinggi akan mengganggu sirkulasi darah.

Namun begitu, memiliki tekanan darah normal bukan berarti Anda bisa bersantai. Saat angka sistolik Anda berada di antara 120-139, atau jika angka diastolik (angka bawah) berkisar di 80-89, ini artinya Anda memiliki “prehipertensi”. Meskipun angka ini belum bisa dianggap hipertensi, tetap saja ini di atas angka normal.

 

Adapun makanan yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat antara lain sebagai berikut.

  1. Sayur Bayam. Sayur ini mengandung serat tinggi dan kalium. Dua nutrisi ini baik dalam mengurangi efek tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  2. Bawang Putih. Aromanya memang cukup menyengat dan rasanya cukup aneh di lidah. Tapi jangan salah, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam bawang putih bermanfaat baik menurunkan tekanan darah atau menstabilkan tekanan darah. Selain itu, bawang putih juga rendah kolesterol sehingga baik buat kesehatan jantung.
  3. Tomat. Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada tomat dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Tomat bisa dimakan secara langsung, dibuat jus atau dimasak bersama sayuran.
  4. Seledri. Hampir sama dengan bawang putih, seledri dengan aroma cukup menyengat ini bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium dan kalium yang tinggi pada seledri yang membuatnya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.
  5. Pisang. Buah pisang adalah buah yang kaya nutrisi dan vitamin. Selain bisa dimanfaatkan sebagai nutrisi diet, pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menutrisi tubuh penderita tekanan darah tinggi.
  6. Jeruk. Vitaminnya yang tinggi membuat jeruk begitu baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kaliumnya bahkan tak hanya sebagai penurun tekanan darah tetapi juga penurun berat badan yang ampuh.
  7. Alpukat. Buah satu ini memiliki kandungan vitamin C, E, kalsium dan serat. Kandungan inilah yang bermanfaat baik menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Cokelat. Kandungan antioksidan yang tinggi dan nutrisi sehat lainnya pada cokelat dipercaya bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Ini juga bisa meredakan stres, depresi dan membuat perasaan jauh lebih bahagia.
  9. Yogurt. Minum yogurt secara rutin setiap pagi atau malam sebelum tidur bisa bantu menurunkan berat badan dengan baik, menyehatkan sistem pencernaan dan menurunkan tekanan darah tinggi. Ini juga baik untuk kesehatan jantung serta organ dalam tubuh lainnya.
  10. Oatmeal. Sebagai produk olahan dari gandum yang dipercaya sangat baik menutrisi tubuh ketika diet, oatmeal ternyata juga menutrisi baik tubuh yang menderita tekanan darah tinggi. Oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung dan melancarkan sistem peredaran darah.

Selain makanan di atas, makanan lain yang juga dipercaya bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi adalah buah belimbing, buah mentimun, minyak zaitun, susu skim bebas lemak, buah melon, buah blewah dan kedelai.

 

 

 

Selamat pagi 🙂 semoga bermanfaat 🙂 dan silahkan share 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *