Anjuran Makanan Untuk Penderita Sinusitis !!!

 

Sinusitis bisa disebabkan oleh beberapa macam hal. Bisa karena infeksi bakteri, virus maupun karena terjadinya luka akibat benturan pada sinus. Ada beberapa jenis makanan yang sangat cocok untuk penderita sinusitis, ada pula jenis makan patut dihindari penderita sinusitis.

Beberapa tipe sinusitis berdasarkan lamanya perjalanan penyakit, antara lain:

  • Sinusitis akut.
  • Sinusitis Subakut.
  • Sinusitis Kronis.
  • Sinusitis Kambuhan.

Secara umum, gejala pada penyakit sinusitis adalah

  • Demam dengan suhu 38°Celcius atau lebih
  • Sakit kepala
  • Hidung tersumbat atau keluar cairan kuning kehijauan
  • Nyeri pada bagian wajah dan terasa sakit ketika ditekan
  • Kehilangan indera penciuman
  • Napas berbau (halitosis)

Penyebab Utama Sinusitis

 yang paling umum pada orang dewasa adalah karena pembengkakan dinding dalam hidung. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh virus flu atau pilek yang disebarkan sinus dari saluran pernapasan atas. Faktor pemicu sinusitis pada orang dewasa selain infeksi virus adalah infeksi jamur, infeksi gigi, serta kebiasaan merokok. Biasanya setelah terjadi pilek atau flu, infeksi bakteri sekunder bisa terjadi. Ini akan menyebabkan dinding dari sinus mengalami peradangan atau inflamasi

Berikut merupakan makanan yang baik untuk penderita sinusitis.

Nanas

 

Nanas bisa membantu mengurangi sinus karena mengandung bromelain, yaitu sebuah enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromelain mengandung sifat anti radang yang membantu mengurangi inflamasi (peradangan) dan pembengkakan di saluran hidung. Nanas bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

Yogurt

 

Yogurt mengandung lactobacillus, yaitu probiotik (bakteri baik) yang dapat berkontribusi mengurangi alergi sehingga tidak memperburuk infeksi sinus. Selain itu probiotik juga dapat memperkuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kunyit

Kunyit sama dengan jahe yaitu memiliki manfaat yang sama. Kunyit mengandung curcumin, yang secara aktif mengurangi peradangan.

Ceri

 

Ternyata ceri bisa mengurangi peradangan sepuluh kali lebih baik dari aspirin. Ceri juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Lobak

 

Apakah Anda tahu bahwa lobak adalah makanan yang sangat baik untuk sinus? Lobak mengandung senyawa yang digunakan untuk memecah lendir.

Alpukat

 

Buah yang memiliki rasa yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko ini dapat dikonsumsi untuk membantu meringankan penyakit radang sinusitis. Lemak baik ang terkandung dalam alpikat ini ternyata memiliki khasiat sebagai anti inflamasi sehingga sangat baik dalam meringankan penyakit sinusitis.

Sayuran Hijau dan Buah-Buahan

Quercetin merupakan enzim dalam pigmen tumbuhan yang berperan terhadap warna dalam sayuran dan buah-buahan. Pigmen ini juga bertindak sebagai antihistamin. Quercetin ditemukan dalam buah bit, aprikot, selederi, apel, jeruk, brokoli, kecambah, ceri, kangkung, bayam, pir dan persik.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Selamat Malam 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *