ANEMIA APLASTIK

ANEMIA APLASTIK

Apa Itu Anemia Aplastik ?
 
Penyakit anemia aplastik adalah suatu kondisi dimana sumsum tulang tubuh berhenti dalam memproduksi sel-sel darah baru yang cukup. Berbeda dari anemia pada umumnya, jenis anemia aplatik tidak hanya sel darah merah yang berhenti berproduksi, namun juga sel darah putih dan trombosit. Oleh sebab itu, kondisi ini disebut juga dengan pansitopenia. Anemia aplastik dapat membuat penderita merasakan lelah serta berisiko tinggi terhadap infeksi dan pendarahan yang tidak terkontrol.
 
Penyebab Anemia Aplastik
 
1. Kemoterapi atau Radiasi
2. Paparan Bahan Kimia
3. Induksi Obat
4. Infeksi Virus
5. Kehamilan
 
Gejala Anemia Aplastik
 
1. Kelelahan.
2. Nyeri dada.
3. Sakit kepala atau pusing.
4. Kulit pucat.
5. Sesak napas.
6. Memar yang tidak diketahui penyebabnya.
7. Sering mengalami mimisan atau gusi berdarah.
8. Perdarahan yang berkepanjangan.
 
Pengobatan Anemia Aplastik
 
1. Kunyit dan Daun singkong
Caranya Rebuslah daun singkong yang dicampurkan dengan air perasan kunyit pada panci ukuran sedang. Tunggulah sampai menyisakan air rebusannya menjadi satu gelas saja. Sari air daun singkong yang telah meresap bersama air kunyit mampu meningkatkan sel-sel darah dan melindungi sumsum tulang belakang dari ketidakmampuan memproduksi sel darah baru akibat serangan infeksi.
 
2. Jombang, Jahe merah dan Gula aren
Ambilah jombang yang masih segar dan jahe merah secukupnya lalu tumbuklah tetapi tidak sampai benar benar halus. Kemudian rebuslah kedua bahan herbal tersebut setelah itu dinginkan lalu saringlah airnya. Tambahkan gula aren untuk meningkatkan citarasanya agar semakin nikmat.
 
3. Kulit buah manggis
Rebuslah kulit buah manggis lalu dinginkan kemudian saringlah airnya yang berwarna kemerahan sebelum akhirnya diminum.
 
5. Kuning telur ayam kampung, Madu dan Bayam hijau
Ambilah kuning telur ayam kampung dan tambahkan madu murni dan rebusan air bayam hijau lalu aduklah hingga merata. Minumlah obta manjur untuk menyembuhkan anemia ini setiap hari pagi dan sore hari agar terhindar dari gejala anemia aplastik.
 
 
Demikian ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai Anemia Aplastik semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.
 
Selamat Malam 🙂
Salam sehat, Sahabat Reza Herbal 🙂
Silahkan share 🙂

anemia aplastik

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *