Sakit Maag Pada Ibu Hamil

Sakit Maag Pada Ibu Hamil

 

Gangguan pencernaan atau sakit maag pada ibu hamil diakibatkan oleh perubahan yang terjadi dalam tubuh, seperti meningkatnya kadar hormon dan meningkatkan tekanan pada perut.

Perubahan ini mengakibatkan refluks asam dari gangguan pencernaan. Acid refluks terjadi ketika asam lambung mengalir kembali dari perut ke kerongkongan (tenggorokan) dan mengiritasi lapisan (mukosa)

 

 

Gejala Sakit Maag Pada Ibu Hamil

 

Pada umumnya gejala sakit maag pada ibu hamil, sama dengan gejala yang dirasakan oleh penderita sakit maag yaitu nyeri atau rasa tidak nyaman pada dada dan perut. namun ada gejala lain seperti :

– Mulas

– Muntah

– Sendawa

– Perut Kembung

– Kehilangan selera makan

– Sensasi terbakar pada dada

 

Penyebab

 

Maag terjadi ketika katup antara perut dan kerongkongan tidak dapat mencegah asam lambung dari melewati kembali ke kerongkongan. Selama kehamilan, hormon progesteron menyebabkan katup untuk bersantai, yang dapat meningkatkan frekuensi sakit maag. Hal ini meningkatkan asam lambung naik ke  krongkongan dan mengiritasi lapisan.

 

Pencegahan

 

Hindari makanan atau minuman yang dapat meningkatkan asam lambung naik seperti makanan berminyak atau berlemak, coklat, kafein, minuman berkarbonasi, produk tomat, jus jeruk, peppermint, alkohol , makanan pedas,asam dan makanan pemicu maag lainnya.

 

Selamat malam sahabat Reza Herbal ūüôā

Semoga bermanfaat, silahkan share ūüôā

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *