Penyakit Paget !!!

 
Penyakit Paget adalah kelainan formasi tulang. Sel tulang (osteoblast) biasanya membentuk tulang baru di permukaan yang lunak dan rata.
 
Penyakit Paget tulang dapat terjadi pada semua golongan umur dan jenis kelamin. Penyakitini juga relatif umum di negara seperti Australia, Selandia Baru, dan Afrika Selatan, dan lebih banyak mempengaruhi pria daripada wanita.
 
Risiko seseorang terkena penyakit Paget akan meningkat seiring bertambahnya usia. Selain pertambahan usia, faktor lainnya adalah:
 
– Keturunan. Jika ada anggota keluarga yang menderita penyakit Paget, maka risiko seseorang terkena penyakit ini lebih besar.
– Jenis kelamin. Pria lebih banyak terkena penyakit Paget dibandingkan wanita.
Gejala Penyakit Paget 
Kebanyakan orang dengan kondisi ini tidak memiliki gejala. Kalaupun memang ada, gejala mungkin termasuk:
 
? Sakit tulang, sendi nyeri atau kaku, dan sakit leher
? Kaki membengkok dan memiliki kelainan bentuk lainnya yang tampak jelas
? Retak
? Sakit kepala
? Kehilangan pendengaran
? Tinggi badan berkurang
? Kulit hangat di sekitar tulang yang terpengaruh.
 
Mungkin masih ada gejala lain yang tidak tercantum di atas. Jika ingin bertanya tentang tanda ini, konsultasikanlah kepada dokter.
 
Penyebab Penyakit Paget
 
Penyebab terjadinya ketidaknormalan regenerasi tulang tersebut masih belum diketahui secara pasti, namun diduga merupakan kombinasi antara faktor keturunan atau genetik dengan faktor lingkungan.
 
Pengobatan Penyakit Paget
 
Belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit Paget. Namun, ada beberapa motode penanganan yang dapat membantu meringankan gejala yang muncul. Beberapa penanganan tersebut adalah:
 
– Pemberian obat-obatan. Umumnya obat yang diberikan adalah bisphosphonates atau calcitonin. Dapat juga diberikan pereda rasa sakit.
– Pembedahan. Dilakukan untuk mengatasi keretakan atau patah tulang, mengganti persendian yang rusak, memperbaiki perubahan bentuk pada tulang, serta mengurangi penekanan pada saraf.
– Fisioterapi, untuk menguatkan otot-otot dan meningkatkan keseimbangan tubuh pasien.
– Pengaturan nutrisi. Pasien akan diminta untuk memperbanyak konsumsi makanan serta minuman yang mengandung kalsium dan vitamin D.
 
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Selamat Pagi 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂
Happy Sunday and Always Healty 🙂
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *