Penyakit Kolitis ( Radang Usus Besar )

 
Kolitis ulseratif adalah peradangan kronis yang terjadi pada usus besar (kolon) dan rektum. Pada kelainan ini, terdapat tukak atau luka di dinding usus besar sehingga menyebabkan tinja bercampur dengan darah.
 Gejala Kolitis Ulseratif
 
Gejala kolitis ulseratif bisa berbeda pada tiap penderita. Perbedaan ini muncul berdasarkan tingkat keparahan serta lokasi peradangan yang dialami oleh pasien. Berikut adalah beberapa gejala yang umum terjadi pada kolitis ulseratif:
 
 Diare yang disertai darah, lendir, atau nanah.
 Nyeri atau kram perut.
 Sering ingin buang air besar, tapi tinja cenderung tidak bisa keluar.
 Kelelahan.
 Nyeri pada rektum.
 Penurunan berat badan.
 Demam
 Penyebab Penyakit Kolitis
Kolitis adalah penyakit radang yang bisa disebabkan oleh tiga jenis infeksi berikut ini.
• Bakteri. Sebagian besar, bakteri ini mencemari makanan sehingga dapat masuk ke dalam peru Anda. beberapa jenis bakteri yang menyebabkan radang usus adalah Campylobacter, Shigella, E.Coli, Yersinia, dan Salmonella
• Virus, yang menyebabkan radang usus adalah cytomegalovirus, yang biasanya menyerang orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Radang usus jenis ini, memang agak jarang terjadi.
• Parasit, penyebab usus meradang yaitu giardia, yang masuk ke dalam tubuh melalui air yang tercemar. Biasanya, parasit ini ada di dalam air kolam renang, air sungai, hingga air danau, sehingga sangat mudah menginfeksi tubuh orang yang suka berkreasi ke tempat tersebut.
Pencegahan penyakit Kolitis.
o Meningkatkan daya tahan tubuh
o Menjaga asupan makanan
o Berhenti merokok
o Kelola stress.
Semoga bermanfaat dan menambah wawasa.
Selamat malam 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *