Pengobatan Faringitits Secara Alami !!!

Faringitis atau disebut juga sebagai radang tenggorokan adalah kondisi penyakit yang paling sering terjadi untuk semua orang. Biasanya faringitis muncul bersamaan dengan serangan influenza. Penyebab utama dari faringitis adalah beberapa jenis bakteri dan virus seperti virus penyebab batuk, influenza hingga campak. Gejala yang sering menyertai faringitis misalnya batuk, demam, flu, sakit saat menelan dan bicara.

Pada umumnya faringitis akan sembuh dengan sendirinya dalam kurun waktu satu minggu. Namun untuk mencegah kondisi yang semakin buruk, maka bisa melakukan pengobatan secara alami seperti berikut ini.

Larutan Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan senyawa asilin yang dapat membunuh bakteri dan virus serta mengatasi pearadangan pada bagian tenggorokan.

Cara penyajiannya dengan membuat air panas yang ditambahkan dengan beberapa siung bawang putih. Kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur.Atau Anda juga bisa merebus beberapa siung bawang putih kemudian minum airnya selama tiga kali sehari.

Cuka Apel

Cuka apel bisa melawan semua bakteri dan virus yang ada di dalam tenggorokan. Selain itu, cuka apel juga mengandung semua jenis vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa bekerja untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Cara untuk perawatan faringitis adalah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat atau teh. Anda bisa meminumnya tiga kali dalam sehari.

Buah Pisang

Buah pisang memiliki kandungan potasium tinggi yang sudah terbukti mampu mengurangi peradangan, menangkal radikal bebas, dan bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar tak bosan mengonsumsinya, kamu bisa juga membuat jus buah pisang.

Wedang Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah tradisional yang dapat menimbulkan sensasi hangat di tubuh. Ia memiliki kandungan senyawa zingiberin yang dapat melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan racun (detoksifikasi), dan tentunya mengatasi peradangan.

  • Caranya sangat mudah sekali, antara lain:
  • Siapkan rempah jahe segar seperlunya saja dan air panas satu gelas
  • Tumbuk rempah jahe tadi, kemudian seduh dengan air panas
  • Agar rasanya semakin nikmat, tambahkan beberapa sendok madu alami
  • Minum wedang jahe tersebut sedikit demi sedikit dan rasakan sensasi hangatnya di tenggorokan.

Berhenti Merokok

Sudah banyak kasus tumor tenggorokan yang diakibatkan oleh rokok. Dari tahun ke tahun angka penderita tumor tenggorokan ini meningkat tajam. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat hampir 60 % penderita tumor tenggorokan berasal dari pecandu rokok.

Gejala awal tumor tenggorokan sendiri salah satunya adalah peradangan. Oleh sebab itu, sebelum terlambat lebih baik cobalah untuk berhenti merokok mulai saat ini juga. Selain itu, hindarilah asap rokok karena sama bahayanya.

Itulah beberapa cara mengobati sakit radang tenggorokan yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh.

Selamat Pagi 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *