Mata Minus ? Kurangi dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mata minus (miopia) atau yang biasa dikenal sebagai rabun jauh merupakan gangguan pada mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat benda atau objek dengan jarak yang jauh. Penglihatan akan kabur atau sulit fokus ketika melihat benda dengan jarak yang jauh, biasanya untuk membantu penglihatan penderita rabun jauh sering memakai kacamata minus atau menggunakan lensa kontak (soft lens).

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mata minus (rabun jauh) pada seseorang diantaranya sebagai berikut :

  • Faktor keturunan
  • Akibat sering membaca dengan tidak memperhatikan pencahayaan dan jarak antara mata dengan bacaan
  • Bekerja di depan komputer tanpa istirahat
  • Melihat dengan jarak dejat pada waktu yang lama
  • Pola makan yang buruk

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan mengurangi gejala mata minus yang kerap muncul dan anda rasakan, sebaiknya konsumsi beberapa makanan di bawah ini antara lain

Daun Selada

Selada adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidan.Menurut penelitian kedua senyawa ini bisa membantu mencegah sekaligus mengobati gangguan pada mata seperti mata minus.

Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan betakaroten sebagai salah satu jenis vitamin A yang dapat membantu fungsi retina serta bagian-bagian mata lainnya. Sayuran satu ini sudah banyak dikenal sebagai makanan yang baik untuk mata. Anda bisa mengkonsumsi wortel secara rutin untuk mengurangi masalah mata minus.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang kaya akan kandungan lutein dan zeaxanthin serta berbagai macam vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan mata dan membantu terhindar dari penyakit glaukoma dan mata minus.

Tomat

Tomat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tomat mengandung berbagai kandungan gizi antara lain vitamin A, C dan likopen yang berfungsi membantu menjaga kesehatan mata.

Brokoli

Seperti halnya bayam, brokoli juga merupakan sayuran hijau yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang berfungsi melindungi mata dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas.

Selain 5 makanan yang disebutkan diatas, masih banyak makanan yang baik untuk mata. Anda bisa mengkonsumsi salah satu jenis makanan diatas untuk membantu mengatasi masalah mata minus Anda. Semoga bermanfaat.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Selamat Siang 🙂  Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂

Jum’at Barokah 🙂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *