Makanan Sehat untuk Penderita Stroke !!

Stroke tergolong penyakit yang menjadi penyebab angka kematian tertinggi didunia. Pada umumnya penderita stroke sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat agar dapat menyerap kolesterol jahat dalam darah.

Terputusnya aliran darah dari jantung ke otak merupakan tanda awal terjadinya stroke yang mengakibatkan kematian sesaat pada otak dikarenakan sel-sel dalam otak berhenti berfungsi.

1. Gejala-Gejala Stroke

• Cara berbicara mulai tidak jelas, bahkan ada yang tidak bisa berbicara sama sekali.

• Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah terlihat menurun;

• Mengalami kelumpuhan pada bagian lengan, sehingga penderita tidak bisa mengangkat salah satu bahkan kedua lengannya.

Sebagian besar penyebab stroke dapat dicegah dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih seha

t.
2. Makanan yang baik untuk penderita Stroke

• OatmealSerat dalam oatmeal akan membantu proses penyerapan kolesterol dalam darah dan pengaturan kadar gula dalam darah.

• Roti Gandum

Kandungan gizi terbaik dari roti gandum adalah serat, karbohidrat, protein, vitamin E, asam folat dan omega 3. Kandungan omega 3 memiliki fungsi yang penting untuk tubuh yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu omega 3 juga berperan untuk meningkatkan regenerasi sel-sel pada otak.

• Buah Segar

Berbagai macam nutrisi dan kandungan vitamin yang terdaat dalam buah-buahan yang memiliki manfaat besar untuk penderita stroke. beberapa buah yang sangat dianjurkan untuk penderita stroke diantaranya, apel, anggur, pepaya, pisang, tomat, dan stroberi.

• Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang yang sangat baik adalah seperti kacang almond, kacang pecan, dan kacang kenari. Ketiga jenis kacang tersebut mengandung kalsium, magnesium, kalium dan vitamin E yang berfungsi untuk melindungi pembuluh darah pada jantung dari timbunan plak.

• Beras Merah

Kandungan selenium tinggi pada beras merah bisa mencegah serangan stroke ulang. elain itu beras merah juga mengandung mangan, serat, dan anti oksidan. Mangan berfungsi untuk membantu proses sintesis lemak dalam tubuh dan mengaktifkan sistem syaraf.

• Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega 3, DHA dan EPA yang berperan untuk melindungi sistem pembuluh darah, proses sintesis lemak menjadi kolesterol dan mencegah pembekuan darah pada jantung.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasa. Selamat Malam 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *