MAKANAN SEHAT PENDERITA KARDIOMIOPATI

MAKANAN SEHAT PENDERITA KARDIOMIOPATI

Apa Itu Kardiomiopati ?
 
Kardiomiopati adalah penyakit yang berhubungan dengan miokardium atau otot jantung dimana terdapat kelainan pada otot jantung secara struktur dan fungsi tanpa adanya penyakit jantung koroner, hipertensi, atau kelainan katup jantung. Bila penyakit ini terbatas hanya pada kelainan atau kerusakan otot jantung, maka keadaan ini disebut kardiomiopati primer. Bila kardiomiopati disebabkan oleh penyakit lain yang mengakibatkan kelainan pada otot jantung, keadaan ini disebut kardiomiopati sekunder.
 
Gejala Kardiomiopati
 
1.Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki, dan tungkai.
2. Perut kembung yang diakibatkan oleh adanya cairan.
3. Sesak, bahkan saat beristirahat.
4. Irama jantung tidak beraturan.
5. Pusing, rasa melayang, dan pingsan.
6. Nyeri dada.
 
Penyebab Kardiomiopati
 
1. Kekurangan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, seperti vitamin B1.
2. Rusaknya jaringan jantung.
3. Kondisi genetik yang diturunkan.
4. Gangguan pada katup jantung.
5. Penderita tekanan darah tinggi jangka panjang.
6. Gangguan pada jaringan ikat tubuh.
7. Komplikasi pada kehamilan.
 
Pengobatan Alami Sakit Kardiomiopati
 
1. Pisang
Pisang bisa digunakan menjadi obat jantung lemah alami karena, memiliki kalium dan magnesium yang bermanfaat menurunkan darah tinggi. Pisang juga mengandung vitamin B6, C dan serat yang dapat menguatkan jantung.
 
2. Delima
Kandungan polifenol yang terdapat dalam delima sangat baik untuk jantung, yaitu untuk mencegah dan menurunkan penebalan dinding arteri, mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik sehingga bisa diramu menjadi obat jantung lemah.
 
3. Pepaya
Banyak kandungan dari buah pepaya ini seperti Viamin A, C, E, folat, magnesium, kalium serta kalsium yang dapat menjaga kekuatan dan kesehatan jantung termasuk jantung lemah.
 
4. Buah Melon
Potong – potong buah ini menjadi bagian kecil untuk dikonsusmi setiap hari bisa menjadi terapi pengobatan jantung lemah, karena buah ini kaya akan vitamin A, B6, C, folat, potassium, dan serat sangat baik bagi kekuatan jantung.
 
Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai Kardiomiopati, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.
 
Selamat Malam, semoga bermanfaat 🙂
Salam sehat sahabat Reza Herbal 🙂
Silahkan share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *