Makanan Penambah Darah !!

Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah.
 
Terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya seperti ginjal dapat terjadi jika tekanan darah terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan kepala terasa ringan dan pusing. Tubuh juga akan terasa tidak stabil atau goyah, bahkan kehilangan kesadaran.
 
Ada dua ukuran yang digunakan dalam tekanan darah, yaitu tekanan sistolik (bilangan atas) dan tekanan diastolik (bilangan bawah). Tekanan darah yang normal adalah antara 90/60 dan 140/90. Penderita hipotensi memiliki tekanan darah di bawah 90/60 dan disertai dengan gejala hipotensi. Sedangkan jika tekanan darah di atas 140/90, maka orang tersebut menderita tekanan darah tinggi/hipertensi.
 
Gejala Hipotensi
 
? Jantung berdebar kencang atau tidak teratur.
? Pusing.
? Lemas.
? Mual.
? Kehilangan keseimbangan atau merasa goyah.
? Pandangan buram.
? Pucat dan badan dingin.
? Napas pendek atau cepat.
? Pingsan
? Dehidrasi
 
Penyebab Hipotensi
 
banyak faktor yang menyebabkan tekanan darah seseorang rendah, seperti faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca.
 
Makanan Yang Baik Untuk Penderita Hipotensi
 
1. Makanan Sumber Protein Hewani
 
Sumber Protein hewani merupakan makanan untuk darah rendah yang sangat efektif mengatasi hipotensi. daging ayam, daging sapi, telur, hati, dan sebagainya. Tetapi bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi maka perlu berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Sebaiknya hindari jenis protein hewani yang mengandung lemak atau gajih.
 
2. Konsumsi Sayuran
 
Sayuran yang efektif untuk menaikkan tekanan darah antara lain yaitu sayur bayam, daun singkong, kangkung, buncis, lobak, kol, sawi, kentang, dan brokoli. Sayuran juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan.
 
3. Cukupi Asupan Air Putih
 
Darah rendah atau hipotensi dapat disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu cukupi kebutuhan cairan setiap harinya. Minum air putih sedikitnya 8 gelas per hari. Minum air putih yang cukup setiap hari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, dan membuat tubuh selalu bugar.
 
4. Konsumsi Buah-Buahan
 
Buah-buahan yang dapat Anda konsumsi antara lain yaitu alpukat, mangga, jeruk, pisang, pepaya, anggur, delima, sirsat, jambu biji, dan sebagainya.
 
5. Konsumsi Kacang-Kacangan
 
Berbagai jenis kacang-kacangan juga merupakan makanan untuk darah rendah karena merupakan sumber protein nabati dan mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Jenis kacang-kacangan tersebut antara lain kacang hijau, kacang polong, kacang kedelai, kacang panjang, kacang almond, mete, kenari, dan sebagainya.
 
Jangan pernah melewatkan olahraga teratur seperti berjalan pagi selama 30 menit, minimal 3x seminggu dapat membantu mengurangi timbulnya gejala.
 
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Selamat Malam 🙂 Salam Sehat 🙂 Silahkan Share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *