KELENJAR GETAH BENING

 

Apa itu penyakit kelenjar getah bening?

Pembengkakan kelenjar getah bening adalah kondisi yang terjadi apabila ada pembengkakan pada gumpalan jaringan kecil berbentuk bulat yang tersebar di seluruh tubuh Anda, yang disebut kelenjar getah bening.

Kelenjar yang juga dikenal dengan istilah kelenjar limfa ini bertugas untuk menyaring cairan limfa (getah bening) yang beredar di seluruh tubuh melalui pembuluh limfa. Karena itu, cara kerja kelenjar getah bening mirip seperti darah yang mengalir di dalam tubuh kita melalui pembuluh darah.

Ada sekitar 600 kelenjar getah bening yang tersebar di dalam tubuh Anda. Akan tetapi, jumlah kelenjar yang bisa dirasakan atau diraba di bawah kulit dengan tangan telanjang hanya beberapa saja. Di antaranya terletak di area-area berikut ini.

  • Di bagian bawah rahang.
  • Di belakang daun telinga.
  • Di ketiak (di bawah lengan atas).
  • Salah satu sisi leher.
  • Salah satu pangkal paha.
  • Di atas tulang selangka.

Ukuran kelenjar getah bening  berbeda-beda. Mulai dari sekecil ujung jarum hingga sebesar satu butir kacang merah yang sudah matang.

Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem imun (daya tahan tubuh), khususnya sistem limfatik. Pasalnya, kelenjar ini mengandung sel-sel darah putih serta antibodi. Ini berarti kelenjar getah bening sangat berperan dalam melawan infeksi dan penyakit.

Ketika tubuh Anda kena infeksi atau penyakit, tubuh akan memproduksi lebih banyak sel imun. Meningkatnya jumlah sel imun dalam kelenjar limfa inilah yang menyebabkan pembesaran atau pembengkakan. Maka dari itu, kelenjar limfa atau getah bening yang membengkak pasti menandakan adanya infeksi atau penyakit.

Apa saja ciri-ciri dan gejala pembengkakan kelenjar getah bening?

Ketika kelenjar getah bening mulai membengkak, biasanya gejala awal yang dapat Anda rasakan yaitu:

  • Nyeri saat menekan kelenjar yang membengkak.
  • Area kelenjar yang membengkak jadi lebih peka, misalnya di area leher Anda jadi terasa tidak nyaman saat digerakkan.
  • Kelenjar yang membengkak sangat besar, biasanya tampak menonjol sebesar kacang polong atau lebih dari itu.

Setelah Anda merasakan gejala-gejala awal pembengkakan kelenjar getah bening, Anda mungkin merasakan serangkaian gejala lain. Gejala selanjutnya biasanya tergantung pada penyakit atau infeksi yang menyebabkan pembengkakan itu sendiri.

Akan tetapi, gejala-gejala umum dari pembengkakan kelenjar getah bening adalah:

  • Batuk
  • Badan lemas
  • Pilek
  • Menggigil dan berkeringat, terutama di malam hari
  • Radang tenggorokan
  • Demam
  • Kulit yang memerah, hangat dan bengkak

Kemungkinan masih ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Alami

Berikut ini ada beberapa macam tanaman tradisional berkhasiat yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai obat alami kanker kelenjar getah bening dari herbal antara lain:

  • Daun Sirsak

Daun Sirsak Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Herbal

Daun sirsak merupakan salah satu jenis tanaman yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional, hal ini sudah dilakukan selama ratusan tahun lamanya di Indonesia.

Di dalam daun sirsak ini terdapat kandungan acetogenins, anethofuran dan carvone yang efektif untuk menumpas sel kaner. Tidak hanya itu, rupanya daun sirsak ini juga mempunyai kandungan bahan aktif untuk membantu mengatasi sekaligus untuk menyembuhkan penyakit kanker kelenjar getah bening dengan alami.

Bagian dari tanaman sirsak yang banyak dimanfaatkan untuk menjadi obat herbal kanker kelenjar getah bening alami ini ialah pada bagian daunnya. Tanaman ini bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar tradisional terdekat,

  • Manggis

Manggis Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Tradisional

Manggis adalah salah satu jenis tanaman tradisional yang berasal dari wilayah di Indonesia.

Senyawa antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis ini mampu dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk sebagai obat herbal kanker kelenjar getah bening alami.

Nama ilmiah dari tanaman manggis ini adalah Garcinia mangostana L yang merupakan tanaman asli dari Indonesia. Alasan mengapa buah manggis ini diyakini mampu dijadikan sebagai obat penyakit kanker kelenjar getah bening, dikarenakan di dalam buah manggis ini mengandung bahan aktif yang melimpah seperti anti kanker yang disebut pula dengan flavonoid.

Selain itu, masih terdapat banyak pula kandungan lain yang berada di dalam obat herbal kanker kelenjar getah bening stadium 3 ini seperti anti oksidan, tookoferol dan juga polifenol. Dan rupanya kandungan flavonoid yang berada di dalam buah manggis ini berkemampuan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. Kandungan tersebut bertindak untuk menghambat siklus pemecahan sel, lalu bermanfaat pula untuk menguatkan kekebalan tubuh pengidap penyakit kanker.

Untuk menyembuhkan penyakit limfoma (kanker kelenjar getah bening) menggunakan buah manggis ini, caranya cukup mudah dan sederhana. Cukup dengan Anda meminum air rebusan kulit manggis dengan rutin dan teratur serta dengan dosis yang dianjurkan.

Untuk digunakan sebagai obat herbal kanker kelenjar getah bening alami dengan air rebusan kulit manggis ini, Anda dianjurkan untuk meminum air rebusan ini sebanyak 3 sampai 8 gelas dalam sehari. Pada saat mengkonsumsi air rebusan ini sebaiknya dibarengi dengan banyak mengkonsumsi air putih & makanan yang bergizi agar dapat membantu proses pengeluaran racun & mengembalikan fungsi tubuh lainnya.

  • Keladi Tikus

Keladi Tikus Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening Stadium 4

Tanaman yang satu ini “keladi tikus” merupakan tanaman liar dengan nama ilmiah “Typhonium Flagelliforme”. Dan untuk menjadi sebagai bahan obat tradisional anti kanker, tanaman keladi tikus ini juga sudah melalui penelitian.

Kini sudah banyak obat herbal kanker kelenjar getah bening alami yang memakai bahan utama tanaman keladi tikus yang telah banyak dipasarkan sesudah digabungkan dengan tumbuhan tumbuhan anti kanker lainnya. Tanaman keladi tikus ini berasal dari keluarga talas yang dikenal pula sebagai rodent tuber (umbi tikus).

Tanaman yang satu ini juga mempunyai kemampuan untuk menonaktifkan sel kanker, lalu mematikan jaringan sel sel kanker dan menyetopkan perkembangan sel sel kanker. Pada obat herbal kanker kelenjar getah bening atau limfoma ini juga terdapat beberapa kandungan senyawa seperti RIPs (Ribozome Inactivating Proteins), zat antioksidan dan juga zat antikurkumin.

Seperti penelitian yang telah dilakukan dari Malaysia, yang bernama Prof. Dr. Chris KH Theo dari Universitas Sains Malaysia mengatakan bahwa tanaman keladi tikus ini dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat kanker kelenjar getah bening herbal yang mujarab.

  • Kunyit Putih

Kunyit Putih Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening Tradisional

Tanaman rempah kunyit putih dengan nama ilmiah “curcuma mangga” ini mempunyai aroma yang serupa dengan wanginya mangga kweni.

Obat herbal kanker kelenjar getah bening alami dari kunyit putih ini tergolong dalam tanaman empon empon yang mempunyai akar tunggal (rhizoma) yang ada di dalam tanah.

Mendengar namanya saja, rempah kunyit putih yang satu ini memang berbeda dengan rempah kunyit yang biasanya digunakan untuk  bahan tambahan masakan.

Warna rhizomanya jenis rempah yang satu ini ialah putih bukan kuning. Rempah kunyit putih ini juga memiliki nama lain yaitu puteri atau temu rapet.

Rempah kunyit putih ini mengandung minyak atsiri yang begitu efektif untuk membantu mengobati pembengkakan (anti inflamasi) dan dapat membantu merangsang menaikkan daya tahan tubuh. Tidak cuma itu saja, rempah kunyit putih ini juga merupakan anti oksidan yang baik.

Seperti yang sudah dikabarkan dari hasil penelitian yang dilakukan di American Institute of Cancer (Institute Kanker Amerika), Fakultas farmasi dan PAU Bioteknologi serta PPOT UGM Yogyakarta bahwa rempah kunyit putih ini sangatlah bagus untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit kanker dan tumor.

Rempah kunyit putih ini diyakini sebagai obat herbal kanker kelenjar getah bening tradisional karena kunyit putih ini mengandung senyawa RIPs (Ribozome Inactivating Proteins) yang berperan untuk menonaktifkan pertumbuhan sel kanker, memusnahkan sel kanker tanpa merusak sel atau jaringan lainnya yang ada di sekitarnya serta berkemampuan untuk memblokir sel kanker yang sedang berkembang.

Selain itu, kandungan zat antioksidan yang dimiliki oleh rempah kunyit putih ini juga dapat menangkal terjadinya kerusakan gen akibat kanker, selain dari pada itu zat anti inflamasinya juga bermanfaat untuk mengatasi pembengkakan dan peradangan.

Selamat malam 🙂 semoga bermanfaat 🙂 dan silahkan share 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *