Apa Itu Anosmia ?

Apa Itu Anosmia ?


Anosmia adalah suatu kondisi dimana indera penciuman (olfaktori) mengalami gangguan atau tidak berfungsi sama sekali.
Kondisi ini bisa bersifat sementara atau permanen yang juga berpotensi mengakibatkan gangguan pada indera pengecap di lidah.

Penyebab Anosmia

Anosmia disebabkan karena adanya iritasi permanen atau kerusakaan pada selaput lendir pada bagian hidung. Iritasi ini bisa dikarenakan adanya sinusitis atau infeksi sinus, pilek, alergi debu atau serbuk, Influenza berkepanjangan, dan rhinitis nonallergic atau bersin-bersin tanpa adanya reaksi alergi. Namun banyak juga penyebab lain yang bisa memicu melemahnya atau hilangnya kemampuan penciuman, seperti penuaan, pernah mengalami operasi pada otak, cedera otak, adanya penyakit tumor otak, Alzeimer, Parkinson, pengaruh obat-obatan dan lain sebagainya.

Gejala Anosmia

– Hilangnya kepekaan terhadap sensasi bau
– Mengalami sakit kepala
– Terdapat perubahan pada suara
– Kebiasaan mendengkur
– Wajah cenderung membesar
– Telinga cenderung membesar
– Timbulnya polip
– Rongga hidung tersumbat

Cara Mengobati Anosmia

Degan Kulit Buah Manggis
Kulit manggis memiliki komponen besi, serat, kalsium, vitamin C, kalium, vitamin B2, protein, katecin/tannin, fosforus, natrium, vitamin B1, niasin.

Anda akan mengalami kehilangan atau berkurangnya kemampuan indra penciuman jika ada bagian dari jalur penciuman mengalami kerusakan atau gejala anosmia. Maka dari itu segeralah konsultasikan kepada dokter atau ahli kesehatan lainnya jika ada keluhan tentang kesehatan.

Selamat malam ­čÖé
Salam sehat sahabat Reza Herbal ­čÖé
Silahkan share ­čÖé

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *