Penyakit Polip

Penyakit Polip

Penyakit polip

merupakan sebuah kondisi dimana peradangan sehingga mengakibatkan benjolan daging atau tumor yang memiliki cabang pada rongga hidung yang mengakibatkan adanya tonjolan. penyakit polip merupakan penyakit yang sangat mengganggu pernafasan, biasanya penyakit ini tumbuh didaerah dimana selaputlendir membengkak akibat penimbunan cairan seperti daerah sinus pada rongga hidung.

seseorang yang mengidap penyakit polip bisa merasakan adanya penyakit ini, karena penyakit ini dapat dirasakan ketika kita memasukan jari kita kedalam lubang hidung, bentuk dari penyakit polip ini menyerupai air mata dimana menggelantung pada rongga hidung. secara umum biasanya penyakit polip hanya tumbuh diorgan manusia yaitu hidung. namun ternyata polip juga bisa tumbuh diorgan lain seperti rahim dan usus.

penyakit polip bisa terjadi karena adanya jaringan epitel yang berlebihan. jadi bisa disimpulkan bahwa polip bisa terjadi karena adanya pembengkakan akibat adanya infeksi. penyakit polip ini bisa digolongkan menjadi dua golongan yaitu polip ganas dan polip jinak.

Penyakit polip ini biasanya terjadi pada orang yang berusia diatas 20 tahun, namun hal ini tidak bisa menjadi acuan bahwa orang yang berada dibawah 20 tahun tidak bisa terkena penyakit polip. penyakit polip ini tentu bisa teridap oleh siapa saja, apalagi jika orang yang memiliki penyakit seperti rinitis alergika, penyakit asma, sinusitis kronis, dan fibrosis kritik.

Penyebab Polip

Penyakit polip ini tidak terjadi begitu saja namun juga ada hal-hal yang bisa memicu adanya penyakit polip yaitu radang kronis yang terjadi secara berulang-ulang pada bagian di mukosa hidung dan juga sinus paranasal.Selain itu penyakit polip bisa terjadi oleh dorongan atau dipicu oleh penyakit lain seperti :

1. Alergi rinithis

Alergi rinithis merupakan alergi debu. Alergi debu yang bisa memicu adanya polip sehingga jika seseorang memiliki alergi debu harus selalu berhati-hati dan menjaga kondisi tubuhnya agar terhindar dari polip dikarenakan orang yang memiliki alergi debu inilah yang memiliki potensi yang cukup besar teridap polip.

2. Penyakit asma

Penyakit polip merupakan penyakit dimana terjadi pada penyumbatan saluran udara pada hidung yang diakibatkan oleh tumbuhnya daging pada saluran udara sehingga. Demikian juga dengan penyakit merupakan penyakit gangguan pernafasan. Gangguan pernafasan inilah yang memicu adanya polip.

3. Sindrom Churg Strauss

Sindrom Churg Straus merupakan penyakit yang sangat memicu adanya penyakit polip hal ini dikarenakan adanya peradangan pada pembuluh darah.

4. Fibrosis Kristik

Penyakit ini merupakan penyakit yang memicu adanya polip dan merupakan penyakit yang selalu berdampingan dengan penyakit polip. Fibrosis kristik yang merupakan kondisi dimana adanya produksi lendir secara berlebihan.Sehingga biasanya pada penderita polip akan terjadi peningkatan produksi lendir.

Selain karena faktor-faktor dorongan oleh penyakit,polip juga bisa terjadi karena gangguan oleh kondisi tubuh seperti selalu menghasilkan cairan lendir dikarenakan adamya kelainan pada kondisi tubuh.

Selain itu memiliki alergi pada debu juga akan meningkatkan resiko terkena polip,adanya infeksi oleh virus,jamur dan bakteri juga bisa memunculkan penyakit polip pada tubuh. Faktor lain pemicu munculnya polip selain faktor kondisi tubuh dan faktor dorongan oleh penyakit lain juga terdapat faktor genetika atau faktor keturunan.

Pengobatan Polip
Jika seseorang yang memiliki diaknosa terkena penyakit polip tentunya harus segera diatasi supaya tidak berimbas buruk pada tubuh apalagi jika imbas buruknya adalah kematian.Berikut merupakan obat-obat yang bisa digunakan pada penyembuhan penyakit polip.

1. Madu
2. Kunyit
3. Sambilonto
4. Jeruk Nipis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *